Jump to Navigation

PELATIHAN ETIK DASAR DAN LANJUT TAHUN 2017

Pelatihan etik dasar dan lanjut

Pelatihan etik dasar dan lanjut penelitian kesehatan yang dilaksanakan oleh Poltekkes Kemenkes Pontianak pada hari Senin-Kamis, 30 Oktober – 2 November 2017 bertempat di Ruang Rapat lantai 2 Gedung Dahlan Hadi, dibuka secara resmi oleh Pembantu Direktur I, Susito, SKM, M.Kes yang menyambut gembira antusiasime dari para peserta berbagai kalangan ilmuwan dari berbagai institusi sebagai peneliti untuk bersama sama menyamakan presepsi etika penelitian.

Kegiatan etik dasar dilaksanakan pada Senin-Selasa, 30-31 Oktober 2017 dimana diikuti oleh 38 peserta dengan rincian 27 peserta internal (dosen di lingkungan Poltekkes Kemenkes Pontianak) dan 11 peserta eksternal (STIK Muhammadiyah Pontianak, STIKES Kapuas Raya Sintang, AKPER Dharma Insan, Poltekkes Kemenkes Banten, AKFAR Yarsi dan AKBID ‘Aisiyyah Pontianak). Selanjutnya dilakukan screening sehingga diperoleh daftar peserta yang layak mengikuti pelatihan etik lanjut.

Hari ketiga, Rabu-Kamis, 1-2 November 2017 dilanjutkan dengan pelatihan etik lanjut yang diikuti 44 orang (19 dosen Poltekkes Kemenkes Pontianak dan 25 dosen eksternal). Adapun instansi kesehatan yang mengikuti kegiatan pelatihan etik lanjut adalah Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang, Poltekkes Kemenkes Banten, Poltekkes Kemenkes Surabaya, Poltekkes Kemenkes Palu, STIK Muhamadiyah Pontianak, AKFAR Yarsi, AKBID ‘Aisiyyah, Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Universitas Tanjungpura. Kegiatan ditutup pada Kamis, 2 November 2017 pukul 12.00 WIB oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Pontianak, Dr. Khayan, SKM, M.Kes.

Kegiatan pelatihan etik dasar dan lanjutan ini sangat penting sebagai upaya peningkatan kemampuan peserta dalam proses ethical review melalui latihan penyelesaian studi kasus dan meningkatkan kapasitas dan standar etik penelitian kesehatan bagi komisi etik penelitian kesehatan institusi.

tahun: 
2 017


Main menu 2

by Dr. Radut